Not a Pack of Mad Riders
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

Not a Pack of Mad Riders

Sekelompok orang muda dan tua yang mencoba melepas penatnya rutinitas dengan berbagi suka duka dalam ''a man's journey''
 
IndeksLatest imagesPencarianPendaftaranLogin
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
User Yang Sedang Online
Total 2 uses online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 2 Tamu

Tidak ada

User online terbanyak adalah 37 pada Tue Aug 15, 2023 1:35 am
Top posters
001-saktiwandhono (355)
Referensi ber-TOURING Vote_lcap2Referensi ber-TOURING I_voting_barReferensi ber-TOURING I_vote_rcap 
016-Kidung Kelana (345)
Referensi ber-TOURING Vote_lcap2Referensi ber-TOURING I_voting_barReferensi ber-TOURING I_vote_rcap 
014-paimo (308)
Referensi ber-TOURING Vote_lcap2Referensi ber-TOURING I_voting_barReferensi ber-TOURING I_vote_rcap 
002-Dinkdut (262)
Referensi ber-TOURING Vote_lcap2Referensi ber-TOURING I_voting_barReferensi ber-TOURING I_vote_rcap 
017-saipul (240)
Referensi ber-TOURING Vote_lcap2Referensi ber-TOURING I_voting_barReferensi ber-TOURING I_vote_rcap 
012-jibanx (172)
Referensi ber-TOURING Vote_lcap2Referensi ber-TOURING I_voting_barReferensi ber-TOURING I_vote_rcap 
Black Cambon (141)
Referensi ber-TOURING Vote_lcap2Referensi ber-TOURING I_voting_barReferensi ber-TOURING I_vote_rcap 
015-gi2h (120)
Referensi ber-TOURING Vote_lcap2Referensi ber-TOURING I_voting_barReferensi ber-TOURING I_vote_rcap 
Admin (116)
Referensi ber-TOURING Vote_lcap2Referensi ber-TOURING I_voting_barReferensi ber-TOURING I_vote_rcap 
004-Laq2 (108)
Referensi ber-TOURING Vote_lcap2Referensi ber-TOURING I_voting_barReferensi ber-TOURING I_vote_rcap 
Latest topics
» Jibanx, piye khabare?
Referensi ber-TOURING EmptyMon Oct 20, 2014 3:03 pm by 012-jibanx

» Mbantengan(Ranupani)-B29: Jalur Menantang
Referensi ber-TOURING EmptySun Aug 03, 2014 7:22 pm by 012-jibanx

» Semangat Harus Tetap Ada
Referensi ber-TOURING EmptySun Aug 03, 2014 6:37 pm by 003-Bejo

» milis kok kosong
Referensi ber-TOURING EmptyThu Mar 27, 2014 1:56 pm by 014-paimo

» Pengeeeeeeeennnn....
Referensi ber-TOURING EmptyFri Nov 29, 2013 4:55 pm by 014-paimo

» NOMAD Leader
Referensi ber-TOURING EmptyFri Nov 29, 2013 4:53 pm by 014-paimo

» Kopdar Agustus '13 + Halal bihalal
Referensi ber-TOURING EmptyFri Nov 29, 2013 4:51 pm by 014-paimo

» bangun dari tidur
Referensi ber-TOURING EmptyFri Nov 29, 2013 4:50 pm by 014-paimo

» kaos lengan panjang dan berkwalitas
Referensi ber-TOURING EmptyFri Nov 29, 2013 4:46 pm by 014-paimo

Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
Statistics
Total 47 user terdaftar
User terdaftar terakhir adalah Mike JP Blue

Total 2823 kiriman artikel dari user in 361 subjects

 

 Referensi ber-TOURING

Go down 
+4
001-saktiwandhono
015-gi2h
014-paimo
002-Dinkdut
8 posters
PengirimMessage
002-Dinkdut
HarleyDavidson
HarleyDavidson
002-Dinkdut


Zodiac : Taurus Chinese zodiac : Snake
Jumlah posting : 262
Join date : 05.01.11
Age : 47
Lokasi : Bumi AREMA

Referensi ber-TOURING Empty
PostSubyek: Referensi ber-TOURING   Referensi ber-TOURING EmptyMon Feb 21, 2011 8:28 pm

PERSIAPAN PRIBADI
Sebaiknya siapkan kondisi kendaraan dan juga fisik masing-masing karena waktu perjalanan cukup panjang. Sebelum melakukan perjalanan sebaiknya makan dulu, minimal perut gak kosong.

Persiapan barang yang kudu dipersiapkan untuk individu:

Pakaian
Yang adem dan nyaman. Jangan sampai di atas motor pakaian bikin risih, apalagi gatel-gatel wah gawat. Karena perjalanan malam, baiknya gunakan body protector yang dipasang di-dada, banyak dijual di pinggir jalan, kalo ngga ada, bisa juga pake lapisan koran beberapa lembar.

Jaket
Pakai jaket yang pas badan, jangan yang berkibar-kibar. Hal ini dapat mempengaruhi hambatan angin yang ditimbulkan, dan mempengaruhi kecepatan

Jas Hujan
Karena lagi musim hujan pastikan dibawa, kalo bawa bonjengers bawa jas ujan dua, jangan yang nyetir aja, kasian yg belakang ntar masuk angin. Sebaiknya pilih jas hujan model terpisah antara baju dengan celana, jangan yang model ponco. kalo perlu malah sekalian penutup sepatunya (Gaiters), bisa dibeli di toko-toko adventurer.

Sarung tangan
yang bagus dari bahan kulit, tapi tidak kaku jadi handling grip-nya masih kerasa.---Bukan sarung tangan kulit keras---(timbangane ngko njuk dibuwang nang pom bensin)---added by admin---

Sepatu
pilih yang modelnya sangat nyaman dengan kaki kita, jangan kesempitan. Sebaiknya pilih yang modelnya menutupi mata kaki kita. Kalo gak ada minimal pake sepatu model sneaker (sepatu kets). Tas Ransel, taruh barang-barang dalam tas ransel, jangan pake tas travel, repot!

Kacamata hitam
Jangan lupa. Biar gak silau kalau jalan di siang bolong!---sebaiknya pakai yang benar-benar dari kaca atau semi kaca, bukan yang terbuat dari mika karena pandangan akan terdistorsi dan akan membikin kepala pusing meski prosesnya lambat, dijamin---added by admin

Helm

sebaiknya gunakan yang model full-face, atau paling ngga helm yang dapat menutupi sampai ke telingga kita. Jangan pake model helm cetok yang biasa dipake kalo JJS (jalan jalan sore) di komplek/kampung, itu mah ngga aman untuk kepala kita. Sayang kepala deh!

Surat-surat kendaraan
seperti SIM, STNK dan KTP, siapa tau ada pemeriksaan di jalan, kalo ngga lengkap bisa mengganggu perjalanan lainnya.

Duit secukupnya.

Obat-obatan pribadi
Buat yang punya penyakit khusus bawa obat masing-masing. Yang juga penting bawa doping alias vitamin agar stamina tetap terjaga, minum satu sebelum berangkat.

Tools motor yang cukup
Untuk motor yang agak rewel bawa moving parts yang kira-kira akan bikin rewel di jalan apalagi kalo dah dimodif, rewelnya suka aneh-aneh. Ingetin penyakit-penyakit motor yang biasanya,dan bawa parts cadangannya. Jangan terlalu mengandalkan pada logistik ---alias njagakke kancane---added by admin

KESIAPAN MOTOR
Untuk kesiapan kendaraan, jangan lupa untuk memastikan bahwa kendaraan yang kita bawa dalam keadaan sehat atau laik jalan jauh. Yang sebaiknya harus diperiksa:

Olie mesin, cepat ganti apabila sudah lewat batas KM-nya.
Minyak Rem.
Kanvas Rem
Kekencangan/kerenggangan rantai motor
Kopling, kalo selah kopling dirasa sangat berat, coba cek lagi.
Ban, kalo udah gundul,mendingan mikir dulu deh, apalagi jika sedang musim hujan.
Cek kondisi lampu-lampu kendaraan, terutama lampu depan (head lamp), lampu belakang, lampu sein.Ada baiknya untuk memeriksakan kondisi kendaraan/motor langsung ke bengkel kepercayaan, yah sekalian tune-up lah, biar dijalan dapet jalan dengan baik dan tenang.

SUSUNAN ROMBONGAN TURING

Captain Leader, Kapten rombongan
Bertanggung jawab atas perjalanan turing ini, Tahu mengenai medan yang akan dilalui, dan pengambil keputusan kapan harus berhenti, istirahat, dan jalan. Memantau kondisi medan di depan apakah bisa dilewati rombongan dengan aman atau harus extra hati-hati. Memutuskan rute-rute mana yang akan dilalui rombongan dan memberitahukan tanda-tanda peringatan kepada
rombongan di belakangnya. Kapten berada paling depan diapit blocker kiri-kanan.

Sebagai leader,harus menjaga kecepatan motor, biar yang dibelakang ngga ketinggalan, sebaiknya jaga kecepatan hingga maksimal 60 KM/Jam, supaya yang dibelakang tidak terlalu cepat dan sweeper juga bisa mengejar rombongan dan voijrider bila terjadi keadaan darurat. Apalagi turing ini banyak yang bawa bonjengers. Jika ada motor liar ngudak-ngudak ngajak balapan biar aja blocker atau sweeper yang urus, acungin jempol tuh motor biar dia seneng.

Kecepatan konstan
juga agar rombongan tidak terpecah dan tidak mengorbankan teman, karena di jalan raya pada waktu menyalib kendaraan tidak semua sopir sifatnya mau mengalah jadinya bisa kecelakaan, karena pada saat yang satu habis menyalib ada ruang kosong si sopir biasanya langsung maen masuk dan kasihan rombongan yang belakang karena bisa terjadi kecelakaan entah terserempet kendaraan yang kiri atau tertabrak kendaraan dari arah berlawanan.

Sebagai kepala rombongan, Kapten harus memberi contoh kepada rombongan di belakang etika berlalu lintas yang baik. Berhentilah apabila lampu merah sedang nyala, dsbnya. Sebagai leader,
juga harus pasang mata dengan sebaik-baiknya. Kalo kalo ada lubang atau hambatan didepan harus kasih tanda ke rombongan di belakang secara estafet. Peserta dibelakangnya wajib melakukan hal yang sama terus sampai ke peserta paling belakang (sweeper).

Berikut beberapa tanda peringatan dalam touring:

Tangan (kiri atau kanan sama aja) mengepal ke atas artinya Berhenti,

Tangan mengepal digerakkan ke atas dan bawah vertical atau menggerak-gerakan telapak tangan vertikal atas bawah, artinya Mulai Perlambat motor, Mau berhenti.

Menurunkan salah satu kaki ke kiri / kanan artinya ada hambatan di depan berupa lubang atau Pembatas jalan, atau hambatan lainnya di sebelah kiri/kanan, jangan dilewati!

Menurunkan kedua kaki artinya perlambat motor, hati – hati ada polisi tidur, atau jalan rusak.

Tanda dengan tangan ke kiri / kanan, artinya Akan berbelok ke arah yang ditujukan tangan.

Referensi ber-TOURING Gtmctouringcode

Pada saat jalan sepi, kapten harus mengecek rombongan dengan menurunkan kecepatan kemudian mengecek rombongan dari yang pertama hingga yang terakhir. Kemudian kembali lagi ke depan. Sementara kapten mengecek rombongan tugasnya dialihkan ke Vojrieders.

VOJRIDERS
Sebagai pendamping kapten. Vojriders motornya harus dilengkapi sirine dan lampu rotator agar kendaraan di depan dapat mengetahui dengan segera keberadaan rombongan kita. Vojriders juga harus ikut menjaga kestabilan kecepatan agar rombongan yang dibelakangnya tidak keteteran dan
mengingatkan Kapten bila terlalu cepat. Fungsi vojriders disini minimalis, hanya sebagai kepala ular-ularan saja. Rotator harus terus menyala sampai tujuan, boleh diistirahatkan sebentar-sebentar jika jalan kosong. Sirine tidak harus meraung-raung sepanjang perjalanan, berisik bikin pengeng! Bunyikan pada saat diperlukan, misalnya di persimpangan jalan, jalan di depan macet bergerak, menyalip truk/tronton, dll.

BLOCKER (Safety Officer)---jika diperlukan---added by admin
2 orang disamping kapten, kiri dan kanan untuk membuka jalan. 1 orang di kiri utk meminggirkan kendaraan yang ada dikiri, dan 1 dikanan utk meminggirkan kendaraan yang ada dikanan. Tugas blocker sangat berat butuh mental yang kuat, dan fisik prima, handling berkendara yang bagus dan bernyali gede. Jadi formasinya mungkin seperti trisula. Kiri menyalakan sein kiri dan blocker kanan menyalakan sein kanan.

SWEEPER

Sweeper ini harus minimal adalah motor yang bisa mendahului rombongan mensejajari kapten apabila ada keadaan yang mengharuskan rombongan berhenti. Akselerasi cepat dan handling harus bagus. Sweeper minimal 2 kendaraan. Tugasnya sebagai penyapu apabila ada kendaraan/peserta yang tertinggal dibelakang, posisinya berada dipaling belakang rombongan karena dia juga berfungsi untuk memberitahukan leader didepan apabila dibelakang terjadi hambatan. Salah satu sweeper secara bergantian juga mengatur barisan agar rapi dan berada di barisan. Sweeper berhak menegor anggota rombongan yang ugal-ugalan, dan tidak mengindahkan aturan. Ada baiknya motor sweeper juga dilengkapi dengan alat alat pelengkap seperti sirine, atau lampu rotator. Sama dengan blocker, sweeper kiri menyalakan sein kiri dan sweeper kanan menyalakan sein kanan.

ETIKA TOURING!

1.DATANG ON TIME!.
Dateng sesuai dengan jadwal yang ditentukan, minimal satu jam sebelum berangkat untuk istirahat, persiapan dan briefing.

2.NYALAKAN LAMPU DEPAN DAN HAZARD!

Meski jalan di siang hari, nyalakan semua lampu depan kendaraan agar kendaran lain yang didepan atau dari arah berlawanan dapat dengan cepat mengetahui keberadaan motor kita. Juga nyalakan hazard bagi yg sudah pasang. Untuk yg gak ada hazard, pasang sen kanan. Sen dan hazard dinyalakan terus sepanjang perjalanan. Kalo mau diistirahatkan gunakan waktu ketika berhenti atau lampu merah. Karena itu kondisi aki harus diperhatikan sebelum berangkat, cek kondisi setrum dan airnya jangan sampai kurang!

3.JANGAN SALIP MENYALIP!
Ketika akan jalan, ingatkan siapa kawan di depan and dibelakang motor kita. Jadi kalo ada yg ilang satu di jalan ketauan. Jangan saling menyalip kawan di depannya kecuali diperintah sweeper. Turing bukan untuk saling menyalip,bukan balapan!, tapi kerapihan, ketertiban berkendara, dan kebersamaan.

Bukan dilihat siapa yang sampe duluan, tapi bagaimana sampe semuanya dengan selamat sampe tujuan. Jangan melakukan manuver-manuver yang ngga perlu/berbahaya, dan jangan keluar dari rombongan yang ditentukan.

Jalan di sisi jalan, jangan ditengah-tengah, ntar ketabrak! Peserta turing harus saling menjaga satu sama lain, kalau di depan motor kawan kita miring-miring ke kiri kanan, dan sweeper sedang tidak berada di sisi rombongan, tegor saja kawan kita takutnya ngantuk. Tapi juga tidak perlu
ikut ngatur-ngatur barisan, terima kasih bro, but itu udah ada pembagian tugas masing-masing. Sebagai peserta rombongan cukup ikutin aturan sudah sangat membantu.

4.JAGA JARAK, SILANG !
Jaga jarak aman antar kendaraan, posisi motor dengan yang depan agak
bersilangan, sehingga bisa mengantisipasi bila motor/kendaraan didepan
tiba tiba melakukan manuver/rem mendadak.

5.PATUHI ATURAN LALIN !
Tetap menjaga aturan berlalulintas yang baik. Jangan mentang mentang rombongan banyak lalu melanggar rambu rambu lalu lintas dengan seenaknya, seperti terobos lampu merah, selip kiri selip kanan tanpa sein, berjalan berjejer dengan menghambat laju kendaraan dibelakangnya, dan jangan buang sampah seenaknya....

Jika vojriders terkena lampu merah sebaiknya berhenti, meski kita rombongan banyak dan ada surat jalan, polisi gak suka kalo kita terobos lampu merah. Kecuali kalo vojriders pas lampu hijau kemudian pas tengah rombongan tiba-tiba merah, agar tidak terputus bisa lanjut terus asal dijaga oleh blocker. Jadi ketika lampu lalu lintas, meski hijau blocker tetap harus siap menjaga rombongan kalo-kalo lampu merah menyala di tengah rombongan.

IMPORTANT !!
Mungkin nanti jika peserta ternyata banyak, akan dibagi atas dua rombongan.Ini dimaksudkan agar kontrol dapat dilakukan dengan baik dan mudah, setiap rombongan kudu bisa inget siapa siapa ajah yang masuk ke rombongannya. Jangan melakukan manuver-manuver yang ngga perlu /berbahaya, dan jangan keluar dari rombongan yang ditentukan. Jangan melakukan balapan, karena tujuan touring adalah jalan-jalan santai, bukan untuk balapan!

Bila ngantuk berat, terjadi masalah, atau ada kerusakan motor segera beritahu sweeper dengan keluar dari barisan sambil mengacungkan tangan dan membunyikan klakson panjang, nanti sweeper akan menghampiri anda untuk menanyakan problemnya dan akan menghentikan rombongan agar menepi.

Buat Para Bonjengers / Foxy Lady, ada baiknya anda juga turut berpartisipasi dalam kegiatan perjalanan, jangan cuman sebagai penumpang ojeg doank-an . Caranya dengan aktip memberikan tanda tanda yang diperlukan bagi rombongan,seperti tanda kalo ada halangan didepan, tanda berbelok dan tanda tanda lainnya.

Jangan mengeluh, karena touring dengan rombongan memakan waktu yang lumayan lama, beda kalo jalan sendiri, waktu bisa cepat, tapi kalo tour enaknya kita bisa bareng berangkat dengan teman-teman. Belum lagi kalo ada kejadian ban kempes atau ada kejadian lainnya.

Sebelum berangkat, jangan lupa berdoa, semoga tidak terjadi apa-apa di jalan,selamat sehat walafiat sampai tujuan pulang dan pergi. Amin.

SEMOGA BERMANFAAT...


by Member of Safety Riding king's Club Djakarta (KCDj)
Kembali Ke Atas Go down
014-paimo
HarleyDavidson
HarleyDavidson
014-paimo


Zodiac : Scorpio Chinese zodiac : Snake
Jumlah posting : 308
Join date : 10.01.11
Age : 46
Lokasi : Suro Wani Boyo Utang...

Referensi ber-TOURING Empty
PostSubyek: Re: Referensi ber-TOURING   Referensi ber-TOURING EmptyTue Feb 22, 2011 8:04 am

Referensi ber-TOURING 429579 mantaaaapppp........
Kembali Ke Atas Go down
015-gi2h
MegaPro
MegaPro
015-gi2h


Jumlah posting : 120
Join date : 06.01.11
Lokasi : gresik sidoarjo

Referensi ber-TOURING Empty
PostSubyek: Re: Referensi ber-TOURING   Referensi ber-TOURING EmptyTue Feb 22, 2011 8:56 am

muasuk bro sarane!!!!!
Kembali Ke Atas Go down
001-saktiwandhono
HarleyDavidson
HarleyDavidson
001-saktiwandhono


Jumlah posting : 355
Join date : 03.01.11

Referensi ber-TOURING Empty
PostSubyek: Re: Referensi ber-TOURING   Referensi ber-TOURING EmptyTue Feb 22, 2011 9:03 am

Referensi ber-TOURING 429579
Thanks to Brother Dinkdut...
Thanks to Brother liyane... Monggo dibaca dan bener2 dipahami... Dilaksanakem mana yang memang sesuai dengan style kita dijalan.
Kembali Ke Atas Go down
017-saipul
HarleyDavidson
HarleyDavidson
017-saipul


Zodiac : Pisces Chinese zodiac : Pig
Jumlah posting : 240
Join date : 04.01.11
Age : 53
Lokasi : surabaya

Referensi ber-TOURING Empty
PostSubyek: Re: Referensi ber-TOURING   Referensi ber-TOURING EmptyTue Feb 22, 2011 9:42 am

siip lah
Kembali Ke Atas Go down
Admin
Admin
Admin
avatar


Zodiac : Taurus Chinese zodiac : Dragon
Jumlah posting : 116
Join date : 02.01.11
Age : 48
Lokasi : Surabaya Panas-Jogjaku ber abu...

Referensi ber-TOURING Empty
PostSubyek: Re: Referensi ber-TOURING   Referensi ber-TOURING EmptyTue Feb 22, 2011 12:14 pm

Ini bukan saran, ini regulasi, dan berlaku internasional jadi harap super diperhatikan dan dipahami...!!! yang terpenting ditrapke

Riyanto kon ngeprin, benne sing ora duwe akses internet iso moco kabeh, selama ini masih banyak bro yang belum pernah tau regulasi seperti ini....suwun pak waketu


Terakhir diubah oleh Admin tanggal Tue Feb 22, 2011 3:17 pm, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
https://nomadriders.indonesianforum.net
001-saktiwandhono
HarleyDavidson
HarleyDavidson
001-saktiwandhono


Jumlah posting : 355
Join date : 03.01.11

Referensi ber-TOURING Empty
PostSubyek: Re: Referensi ber-TOURING   Referensi ber-TOURING EmptyTue Feb 22, 2011 12:38 pm

Kapok kho, Tho...
Diseneni Ki Joko...
Kembali Ke Atas Go down
Admin
Admin
Admin
avatar


Zodiac : Taurus Chinese zodiac : Dragon
Jumlah posting : 116
Join date : 02.01.11
Age : 48
Lokasi : Surabaya Panas-Jogjaku ber abu...

Referensi ber-TOURING Empty
PostSubyek: Re: Referensi ber-TOURING   Referensi ber-TOURING EmptyTue Feb 22, 2011 1:17 pm

Iki ora nyeneni pancen modele ngene... Referensi ber-TOURING 667230
Kembali Ke Atas Go down
https://nomadriders.indonesianforum.net
Black Cambon
MegaPro
MegaPro
Black Cambon


Jumlah posting : 141
Join date : 05.01.11

Referensi ber-TOURING Empty
PostSubyek: Re: Referensi ber-TOURING   Referensi ber-TOURING EmptyWed Feb 23, 2011 7:19 am

TOP MARKOTOP
HEBRING BANGET BRO

Iki ora nyeneni pancen modele ngene...
modele tok pak ketu ojo kuatir
Referensi ber-TOURING 429579 Referensi ber-TOURING 429579 Referensi ber-TOURING 429579 Referensi ber-TOURING 429579 Referensi ber-TOURING 429579

SALAM SATU HATI SATU KATA SATU TUJUAN
Kembali Ke Atas Go down
017-saipul
HarleyDavidson
HarleyDavidson
017-saipul


Zodiac : Pisces Chinese zodiac : Pig
Jumlah posting : 240
Join date : 04.01.11
Age : 53
Lokasi : surabaya

Referensi ber-TOURING Empty
PostSubyek: Re: Referensi ber-TOURING   Referensi ber-TOURING EmptyWed Feb 23, 2011 8:22 am

Yo nggono riyanto sik isok komputeran lan ngeprint file, mosok isok e main zuma karo fréécell ae. Sorry to sik ono kemajuan.
Kembali Ke Atas Go down
006-riyanto
GaptekNdeso
GaptekNdeso
006-riyanto


Zodiac : Libra Chinese zodiac : Tiger
Jumlah posting : 11
Join date : 05.01.11
Age : 49
Lokasi : surabaya

Referensi ber-TOURING Empty
PostSubyek: Re: Referensi ber-TOURING   Referensi ber-TOURING EmptyWed Feb 23, 2011 8:45 am

sepurane sing katah mbah iki wis tak woco,mek kulo yo pasti meluuuuu.... brooooo pokok,e awak seger waras,ojo mane nang piket nol nang petit gunung aku meluuuuuuu
Kembali Ke Atas Go down
015-gi2h
MegaPro
MegaPro
015-gi2h


Jumlah posting : 120
Join date : 06.01.11
Lokasi : gresik sidoarjo

Referensi ber-TOURING Empty
PostSubyek: Re: Referensi ber-TOURING   Referensi ber-TOURING EmptyWed Feb 23, 2011 9:05 am

ojok cacak nang petit gunung,pucuk e dunnyo yo dibudali karo brod riyanto ,but wis difotocopi rung pesen e ki joko, to!!!!! (ben cik podo ngerti kabeh)
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content





Referensi ber-TOURING Empty
PostSubyek: Re: Referensi ber-TOURING   Referensi ber-TOURING Empty

Kembali Ke Atas Go down
 
Referensi ber-TOURING
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Touring ke 4
» Touring ke-5
» WHAT IS ??????: TOURING
» Touring 4.75
» catatan dalam touring

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Not a Pack of Mad Riders :: MAIN CATEGORY :: Mass Riding Regulation-
Navigasi: