Not a Pack of Mad Riders
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

Not a Pack of Mad Riders

Sekelompok orang muda dan tua yang mencoba melepas penatnya rutinitas dengan berbagi suka duka dalam ''a man's journey''
 
IndeksLatest imagesPencarianPendaftaranLogin
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
User Yang Sedang Online
Total 1 user online :: 0 Terdaftar, 0 Tersembunyi dan 1 Tamu

Tidak ada

User online terbanyak adalah 37 pada Tue Aug 15, 2023 1:35 am
Top posters
001-saktiwandhono (355)
Tips Berkendara dengan Berboncengan Vote_lcap2Tips Berkendara dengan Berboncengan I_voting_barTips Berkendara dengan Berboncengan I_vote_rcap 
016-Kidung Kelana (345)
Tips Berkendara dengan Berboncengan Vote_lcap2Tips Berkendara dengan Berboncengan I_voting_barTips Berkendara dengan Berboncengan I_vote_rcap 
014-paimo (308)
Tips Berkendara dengan Berboncengan Vote_lcap2Tips Berkendara dengan Berboncengan I_voting_barTips Berkendara dengan Berboncengan I_vote_rcap 
002-Dinkdut (262)
Tips Berkendara dengan Berboncengan Vote_lcap2Tips Berkendara dengan Berboncengan I_voting_barTips Berkendara dengan Berboncengan I_vote_rcap 
017-saipul (240)
Tips Berkendara dengan Berboncengan Vote_lcap2Tips Berkendara dengan Berboncengan I_voting_barTips Berkendara dengan Berboncengan I_vote_rcap 
012-jibanx (172)
Tips Berkendara dengan Berboncengan Vote_lcap2Tips Berkendara dengan Berboncengan I_voting_barTips Berkendara dengan Berboncengan I_vote_rcap 
Black Cambon (141)
Tips Berkendara dengan Berboncengan Vote_lcap2Tips Berkendara dengan Berboncengan I_voting_barTips Berkendara dengan Berboncengan I_vote_rcap 
015-gi2h (120)
Tips Berkendara dengan Berboncengan Vote_lcap2Tips Berkendara dengan Berboncengan I_voting_barTips Berkendara dengan Berboncengan I_vote_rcap 
Admin (116)
Tips Berkendara dengan Berboncengan Vote_lcap2Tips Berkendara dengan Berboncengan I_voting_barTips Berkendara dengan Berboncengan I_vote_rcap 
004-Laq2 (108)
Tips Berkendara dengan Berboncengan Vote_lcap2Tips Berkendara dengan Berboncengan I_voting_barTips Berkendara dengan Berboncengan I_vote_rcap 
Latest topics
» Jibanx, piye khabare?
Tips Berkendara dengan Berboncengan EmptyMon Oct 20, 2014 3:03 pm by 012-jibanx

» Mbantengan(Ranupani)-B29: Jalur Menantang
Tips Berkendara dengan Berboncengan EmptySun Aug 03, 2014 7:22 pm by 012-jibanx

» Semangat Harus Tetap Ada
Tips Berkendara dengan Berboncengan EmptySun Aug 03, 2014 6:37 pm by 003-Bejo

» milis kok kosong
Tips Berkendara dengan Berboncengan EmptyThu Mar 27, 2014 1:56 pm by 014-paimo

» Pengeeeeeeeennnn....
Tips Berkendara dengan Berboncengan EmptyFri Nov 29, 2013 4:55 pm by 014-paimo

» NOMAD Leader
Tips Berkendara dengan Berboncengan EmptyFri Nov 29, 2013 4:53 pm by 014-paimo

» Kopdar Agustus '13 + Halal bihalal
Tips Berkendara dengan Berboncengan EmptyFri Nov 29, 2013 4:51 pm by 014-paimo

» bangun dari tidur
Tips Berkendara dengan Berboncengan EmptyFri Nov 29, 2013 4:50 pm by 014-paimo

» kaos lengan panjang dan berkwalitas
Tips Berkendara dengan Berboncengan EmptyFri Nov 29, 2013 4:46 pm by 014-paimo

Pencarian
 
 

Display results as :
 
Rechercher Advanced Search
Statistics
Total 47 user terdaftar
User terdaftar terakhir adalah Mike JP Blue

Total 2823 kiriman artikel dari user in 361 subjects

 

 Tips Berkendara dengan Berboncengan

Go down 
5 posters
PengirimMessage
012-jibanx
Admin
Admin
012-jibanx


Jumlah posting : 172
Join date : 06.01.11
Lokasi : Anak Kozt

Tips Berkendara dengan Berboncengan Empty
PostSubyek: Tips Berkendara dengan Berboncengan   Tips Berkendara dengan Berboncengan EmptyWed Jun 15, 2011 8:17 pm

Dear all Bro, berikut ini artikel Safety Riding yang dikutip dari http://www.soundrider.com,
sedikit tips untuk mereka yang sering ngajak boncenger.
Maafkan atas segala kekurangan...

Safety Briefing
Saat kita membawa penumpang, sudah seharusnya kita memberikan beberapa
tips kecil tapi berguna misalnya pakaian apa yang sebaiknya dikenakan,
bagaimana mereka memposisikan tubuh saat motor menikung atau apa yang
harus dilakukan saat motor berhenti menunggu lampu lalu lintas berubah
hijau atau menyelip di tengah-tengah keramaian kendaraan lain.
Kita juga harus tekankan beberapa hal yang harus diperhatikan penumpang
seperti misalnya pengemudi harus naik dahulu, duduk dengan mantap dan
seimbang baru kemudian penumpang dapat naik dengan menginjak footstep
kiri lalu dilanjutkan dengan kaki kanan melewati sadel dan duduk dengan
mantap/nyaman sebelum mulai perjalanan sehingga selama berkendara tidak
perlu mengganggu konsentrasi pengendara dengan menyesuaikan posisi duduk
sehingga mengganggu kestabilan motor. Tekankan juga bahwa dalam
berkendara, motor cenderung merebah membentuk sudut saat berbelok,
sehingga mencondongkan badan mengikuti arah tikungan adalah hal yang
wajar dan bukanlah sesuatu yang harus ditakutkan, keseimbangan dan
keselarasan gerak pengemudi-penumpang adalah kunci utama. Biarkan
pengemudi yang mengendalikan mobilitas tunggangan, penumpang duduk manis
dengan kaki berpijak pada footsteps. Salah satu cara menyiasati
ketakutan penumpang saat rebah menikung adalah dengan melakukan teknik
tersebut secara gradual, sedikit demi sedikit sampai si penumpang merasa
terbiasa dan yang terpenting merasa aman karena keahlian kita.

Handling Changes
Hal yang terpenting bagi pengendara adalah penumpang di motornya
mengubah bobot total yang akhirnya berpengaruh pada pengendalian motor.
Akselerasi, pengereman dan teknik membelok juga otomatis berubah karena
bobot pengemudi bukanlah sesuatu yang statis tetapi dinamis alias
berubah-ubah.

Quick Stops
Sebagai contoh kasus, apa yang terjadi saat pengereman mendadak. Beban
lebih berakibat pada jarak berhenti yang lebih panjang (longer stopping
distance). Beban lebih juga berarti bertambahnya traksi (increased
traction). Tips Berkendara dengan Berboncengan Quickstop_2up_Fig_1JKita perlu jarak yang lebih jauh dan traksi yang lebih
panjang untuk dapat berhenti total, kecuali jika motor kita dilengkapi
dengan ABS. Saat tiba-tiba kita harus berhenti mendadak dan sialnya kita
lupa memperhitungkan beban tambahan dari penumpang, maka yang terjadi
adalah penumpang akan terhempas ke depan yang otomatis akan mendorong
kita kearah tangki atau stang. Hal ini dapat menimbulkan bahaya bila
kita tidak cepat bertindak, motor mungkin akan melaju ke depan karena
konsentrasi kita pada rem buyar akibat hempasan tadi. Ingat! Pandangan
penumpang tidak sebaik pengemudi, jadi dia tidak tahu apa yang terjadi
di depan dan apakah kita harus tiba-tiba mengerem secara mendadak dan
apabila itu terjadi, satu-satunya penghalang bagi tubuhnya adalah tubuh
kita. Apabila penumpang yang kita bawa adalah penumpang rutin, ada
baiknya kita melatih teknik berhenti cepat tanpa harus membahayakan
keduanya.

Acceleration
Baik-buruknya akselerasi kita dapat dilihat dari reaksi yang ditunjukkan
oleh penumpang, hal ini tidak terlalu berpengaruh apabila motor kita
dilengkapi dengan luggage box, yang secara tidak langsung dapat menjadi
sandaran bagi penumpang saat akselerasi mendadak. Bagi motor-motor yang
tidak dilengkapi dengan box, hal ini dapat menjadi masalah, walaupun
pabrik sudah menyediakan handle pengaman (behel), tetap saja susah bagi
mereka jika tiba-tiba harus berpegangan ke belakang saat akselerasi.

Ingat bahwa satu-satunya pengaman bagi mereka adalah kita sebagai
pengendara. Sarankan pada mereka untuk berpegangan agak erat pada
pinggul kita. Jadi kalau tiba-tiba kita dikagetkan oleh cengkeraman
penumpang saat kita berakselerasi, artinya kita terlalu agresif dalam
mengurut throttle gas.

Cornering
Pertama, cek tekanan angin ban, ekstra beban berarti tambahan tekanan,
idealnya 3 sampai 6 psi untuk ban belakang.
Sambil mengecek ban, cek juga kelayakan suspensi belakang, bila ternyata
kondisinya kurang aman dan nantinya akan berpengaruh pada kemulusan
traksi, sebaiknya batalkan rencana boncengan apalagi bila penumpang yang
akan diangkut masuk dalam kategori heavy weight. Idealnya suspensi yang
bagus hanya akan menekan separuh dari panjang keseluruhan (dengan bobot
dua orang ukuran standar). Bila ternyata melebihi batas, segera atur
kekerasan pegas belakang.


Hills
Area perbukitan juga dapat menjadi masalah dalam pengendalian, saat
menuruni perbukitan, bobot pengemudi dan penumpang menambah tekanan pada
ban depan. Saat melakukan pengereman, bobot secara otomatis bertumpu di
depan sehingga menambah traksi ban depan, selain bobot keduanya,
gravitasi bumi juga berpengaruh, semakin cepat kita menurun, semakin
berat beban yang ditanggung rem saat menghentikan laju motor.
Saat mengerem pada jalan menurun, rem bekerja keras menahan beban energi
maju dan gravitasi.
Tips Berkendara dengan Berboncengan 2up_stop_downhill_Fig_2Saat melalui turunan curam, jangan pernah tunda pengereman untuk
menghindari kecelakaan akibat rem mendadak atau gagal pengereman karena
traksi dan dorongan. Lebih baik mengerem perlahan-lahan beberapa kali
daripada sekali pengereman kuat yang dapat berakibat motor terpelanting.

Tips Berkendara dengan Berboncengan 2up_uphill_Fig_3Sebaliknya, saat menanjak, beban bertumpu di belakang, jika kita terlalu
agresif mengurut gas maka yang terjadi adalah naiknya ban depan karena
tertarik gravitasi (wheelie), apalagi jika kita dalam keadaan
berboncengan. Bila ini terjadi, satu-satunya jalan adalah dengan berdiri
di footsteps dan menyeimbangkan dengan menjorokkan tubuh ke depan.
Lebih baik berkendara sedikit lebih cepat supaya tenaga mesin lebih
menekan ke jalan sehingga menambah traksi ban depan.

detailnya mreneo ...
Kembali Ke Atas Go down
001-saktiwandhono
HarleyDavidson
HarleyDavidson
001-saktiwandhono


Jumlah posting : 355
Join date : 03.01.11

Tips Berkendara dengan Berboncengan Empty
PostSubyek: Re: Tips Berkendara dengan Berboncengan   Tips Berkendara dengan Berboncengan EmptyThu Jun 16, 2011 8:39 am

THANKS Bro Jibanx..
Kembali Ke Atas Go down
002-Dinkdut
HarleyDavidson
HarleyDavidson
002-Dinkdut


Zodiac : Taurus Chinese zodiac : Snake
Jumlah posting : 262
Join date : 05.01.11
Age : 47
Lokasi : Bumi AREMA

Tips Berkendara dengan Berboncengan Empty
PostSubyek: Re: Tips Berkendara dengan Berboncengan   Tips Berkendara dengan Berboncengan EmptySun Jun 19, 2011 6:12 pm

Artikel yg sangat bemanpaat ini..
tengkyu mas bro Jibanx
Kembali Ke Atas Go down
022-kastam
GaptekNdeso
GaptekNdeso
022-kastam


Zodiac : Capricorn Chinese zodiac : Tiger
Jumlah posting : 43
Join date : 08.02.11
Age : 49
Lokasi : METRO

Tips Berkendara dengan Berboncengan Empty
PostSubyek: GONCENGAN   Tips Berkendara dengan Berboncengan EmptySat Jul 02, 2011 1:45 pm

TAPI YA DILIHAT JUGA SIAPA YG DI GONCENG P JIBANK, KLAU YG DIGONCENG MENURUT GAMBAR PASTI RAPET, LHA NEK SING DI GONCENG BLACK CAMBON JANGE MECETAT, JLUNGUP YO WES GAK NGURUS, NEK ILANG GAK ONOK SING GOLEK'I AE
Kembali Ke Atas Go down
002-Dinkdut
HarleyDavidson
HarleyDavidson
002-Dinkdut


Zodiac : Taurus Chinese zodiac : Snake
Jumlah posting : 262
Join date : 05.01.11
Age : 47
Lokasi : Bumi AREMA

Tips Berkendara dengan Berboncengan Empty
PostSubyek: Re: Tips Berkendara dengan Berboncengan   Tips Berkendara dengan Berboncengan EmptySat Jul 02, 2011 7:38 pm

Piye Pul rasane dgonceng Jambronk?
Kembali Ke Atas Go down
017-saipul
HarleyDavidson
HarleyDavidson
017-saipul


Zodiac : Pisces Chinese zodiac : Pig
Jumlah posting : 240
Join date : 04.01.11
Age : 53
Lokasi : surabaya

Tips Berkendara dengan Berboncengan Empty
PostSubyek: Re: Tips Berkendara dengan Berboncengan   Tips Berkendara dengan Berboncengan EmptyMon Jul 04, 2011 11:34 am

weanek banget langsung mbuka 5,weteng senep langsung ilang tapi lak wes teko senep muncul maneh.ketok ane wetengku cocok numpak trail bro waketua
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content





Tips Berkendara dengan Berboncengan Empty
PostSubyek: Re: Tips Berkendara dengan Berboncengan   Tips Berkendara dengan Berboncengan Empty

Kembali Ke Atas Go down
 
Tips Berkendara dengan Berboncengan
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Ada apa dengan pak Iwang????
» Sang Penjelajah Dunia dengan Sepeda Motor
» Sepatu turing
» Dengan Rendah Hati, ijinkan kami berkata...

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Not a Pack of Mad Riders :: PLONGA-PLONGO :: ARTIKEL & OPINI-
Navigasi: